05/02/2013

5 Kebiasaan Berinternet yang Tidak Boleh Di Abaikan

Internet sudah menjadi bagian dari keseharian hampir semua orang. Manfaat yang diberikan terutama dalam bidang komunikasi tidak diragukan lagi. Namun, beberapa hal harus menjadi kebiasaan bagi setiap orang dalam menggunakan internet. Dampaknya bisa membahayakan jika diabaikan. Apa aja itu? Ini dia :

1. Jaga Privasi Anda

Jaga privasi anda saat menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook, google+, twitter, dll. Saring informasi yang anda beberkan ke publik. Mencantumkan informasi seperti no HP, Alamat Rumah, dan informasi pribadi lain justru dapat membahayakan. Periksa Privacy Setting di situs bersangkutan dan atur sedemikian rupa.
"Bahaya apa? Parno amat amat!.."
Parno? Milyaran pengguna internet, tidak semuanya berniat baik. Terlalu memaparkan diri dengan informasi pribadi memberbesar kemungkinan kita untuk bertemu salah satu dari mereka. Dan seperti yang kita ketahui, kejahatan sekarang makin susah ditebak. So, keep private.

2. Waspadai terhadap virus/malware

Mengingat bahaya yang diakibatkan oleh virus terhadap data dan informasi pribadi kita, menghindari virus wajib untuk dilakukan.
"Kalo pirus mah gak perlu diomongin! semua orang mah tau tentang pirus!!"
Semua orang tahu tentang virus, namun tidak banyak yang tahu tentang cara kerja virus. Ya, sama halnya dengan teknologi, virus juga berkembang, mereka dirancang bukan untuk dihindari dengan mudah. Untuk itu kita harus tahu tentang cara kerja virus, dan jangan lupa selalu update antivirus anda secara berkala. Klik disini untuk membaca tentang antivirus rekomendasi saya.

3. Hati-hati menggunakan Wi-fi ditempat umum

Menggunakan akses Wi-fi ditempat umum harus hati-hati, kita bisa beresiko kehilangan data dan informasi penting. 
"Masih parno aja lw! Gk ada hacker disini!"
Mungkin tidak banyak yang tau, tidak terlalu sulit untuk memperoleh informasi penting seperti password email ato facebook seseorang yang terhubung dengan public wi-fi, bahkan jaringan yang terpasang password sekalipun, yang dibutuhkan hanya keinginan :). Baca artikel berikut setting keamanan di public Wi-fi

4. Jangan Mudah Percaya

Internet berisikan jutaan informasi, namun banyak diantaranya adalah Hoax, bahkan tanpa kita sadari. Bahkan ada informasi yang membahayakan yang dapat mencuri informasi seperti akun bank, yang masuk ke email kita dan meminta informasi tertentu. Atau informasi junk, yang menyebar lewat facebook mengatasnamakan pengguna lain.

5. Gunakan password yang aman

Teknologi cracking password semakin canggih. Pastikan anda menggunakan password yang aman. Jangan anggap remeh penggunaan variasi huruf besar dan kecil, karakter, huruf, dan angka. Dan jangan lupa gunakan password yang berbeda untuk setiap situs yang anda gunakan.
"Gak mungkin! saya terdaftar di puluhan situs!"
Mungkin saja. Gunakan password manager seperti RoboFarm untuk membantu anda mengelola password dan id anda.

Sekian  "5 Kebiasaan Berinternet yang Berbahaya Jika Kita Abaikan" semoga bermanfaat..


No comments:

Post a Comment