02/02/2013

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus / Hilang


"Tidaaaak, file penting gw kehapus mamaaaaa!!" -- Hampir kita semua pernah mengalami hal yang sama. Sambil liat - liat file, kita tidak sengaja menekan tombol "shift+delete" (ketidaksengajaan yang luar biasa untuk dua tombol yang berjauhan tersebut), ato lagi buka-buka file tiba-tiba aja file nya hilang ditelan bumi, ato bisa jadi filenya sibuk, sehingga sering ngilang entah kemana, ato rumah lw habis dirampok, trus barang-barang berharga dan beberapa file di laptop lw hilang (Maklumin, gw lagi stress XD).. Nah, buat sodara-sodara yang merasa pernah satu kapal dengan masalah ini, ato lagi mengalaminya, berikut solusi nya :

1. TARIK NAFAS YANG DALAM...
Baiklah, file mu menghilang entah kemana, jangan kalap dulu, tarik nafas yang dalam, berpikir dengan tenang dan pikirkan segala kemungkinan, bisa jadi kamu kelupaan telah memindahkannya, periksa tong sampah alias recycle bin, pikirkan kemungkinan lain. Jika masih tidak ketemu, lakukan langkah berikut
2. JANGAN BERGERAK!!
Ya, jangan bergerak, hentikan segala kegiatan mu dengan komputermu,
berkat ulah sistem operasi, filemu yang hilang masih meninggalkan jejak di bagian free-space dari harddisk mu. Jangan lakukan apapun dengan komputer mu, atau komputermu akan membuat data baru dan berkemungkinan akan menghimpit data filemu yang hilang, yang dapat berakibat jejak filemu yang hilang menjadi susah untuk dilacak.. Hmmmm...

3. MINTA BANTUAN!!
Ya, saatnya minta bantuan pada program recovery file. Banyak pilihan program recovery file yang dapat kita andalkan
Diantaranya : Undelete Plus, PC Inspector, File Recovery, dan lain-lain (Googling aja, semuanya GRATIS!! )
   
4. Kembalikan Filemu Yang Hilang
    Setelah ketemu program yang cocok, yang bikin kamu nyaman, dan sesuai dengan kriteriamu, nikahi dia! .... Saatnya menemukan filemu yang hilang!
   
    Cara kerja program tersebut relatif sama, pilih drive atau partisi yang merupakan lokasi terakhir dari keberadaan file yang hilang tersebut, program akan mencari dan jika ditemukan, kita akan diberi opsi untuk menyimpan file tersebut ke lokasi yang diinginkan.
   
    Jika program tersebut tidak bisa menemukan file yang hilang tersebut, coba gunakan program serupa yang lain, mereka ibarat pasangan, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, dan kita bebas mencari pengganti nya. XD

5.    MASALAH GW BEDA CUY!!
    Jika file hilang tersebut tidak bisa ditemukan juga, kita harus telaah ke akar permasalahannya. Pada permasalah tertentu, menggunakan program recovery file saja tidaklah cukup.. Berikut permasalah tertentu tersebut :
    - Masalah pada harddisk.
        Indikasi (keren bahasa gw XD)  terjadinya masalah ini antara lain tidak hanya satu atau dua file yang hilang, tapi hampir seluruh atau bakan seluruh data di partisi/drive.
    - CD yang tergores
        Indikasinya terdapat goresan pada CD (ya iyalah!!).
        Solusi : baca artikel Mengembalikan file dari CD atau DVD yang rusak
    - File word lenyap/rusak
        File word yang lenyap/rusak biasanya diakibatkan oleh virus yang sengaja merusak file dengan eksteni tertentu
    - Gambar yang rusak pada memory card camera
   
    Solusi buat beberapa permasalahan ini ntar deh gw posting, gw lagi sibuk sekarang!! XD
       
6. Penutup : Belajar dari Pengalaman..
    "Mencegah lebih baik bagi dari pada mengobati" , kalimat klise yang nggak disukai para tukang obat tersebut ada baiknya diikuti. Cegah kehilangan datamu dengan selalu membuat backup dari file-filemu..
   
    Bagi yang mengalami hal serupa ato pengen berbagi cerita, atau nambahin yang kurang-kurang,,  komen yaa!!! Cayooo


1 comment:

  1. satu lagi, cara untuk mencegah kehilangan file yang paling efektif dan 100% terbukti adalah "jangan pernah memiliki satu file pun"
    Salam Gila

    ReplyDelete